Wednesday, February 12, 2014

Gantungan Kunci Kristik

 

Mengingat kapling tembok di rumah yang sudah semakin crowded saja, belakangan ini aku mulai seneng mencoba xstitch project selain untuk hiasan dinding. Crossstitch keyring alias gantung kunci kistik inilah salah satunya. Sebenernya selain gantungan kunci ada banyak pilihan lain sih, dari tempelan kulkas, dompet kartu, tempat tisu sampai tempat penyimpanan koran atau majalah. Tapi untuk permulaan aku pilih gantungan kunci saja. Bentuk dan warnanya lucuuuu….
Tapi masalah pertamanya adalah kit ini keluaran Cina, dan seperti kebanyakan kit Cina, petunjuk yang disertakan hanya menggunakan bahasa/huruf tirai bambu yang aku enggak ngerti sama sekali artinya… Tapi berhubung sudah niat ingsun, yo wis dijabanin aja. Sekalin bisa untuk sharing lah kalau memang berhasil menyelesaikan sampai finiiisssh….
Sebenernya kit ini sudah aku beli lamaaaa… isinya antara lain benang sulam, seutas benang nylon, jarum, strimin plastik, chart dan satu set penggantung yang dilengkapi lonceng alias kliningan yang masih dalam bentuk terurai.
016
IMG_2479
IMG_2481
chart-nya jelas banget kan ? khas kit Cina yang memanjakan pembacanya dengan chart berwarna yang menggunakan kertas mengkilap.
Pertama kali mengerjakan, terus terang aku merasa agak ribet. Itu karena pemakain strimin plastik yang jelas berbeda teksturnya dengan strimin kain alias aida, lebih seret sodara-sodaraaaaa…. padahal  sih sebelumnya aku juga sudah pernah mengerjakan strimin plastik, pas membuat mug kristik dulu siiih…. Tapi alhamdulillah lama-lama terbiasa lagi.
Dan inilah hasilnya, sebelum dan sesudah di backstitch… Kelihatan banget ya, kalau backstitch berpengaruh banget pada hasil akhir kristik….
IMG_2485
IMG_2490[1]

Berhubung gantungan kunci ini nantinya akan punya 2 sisi depan belakang, maka harus dibuat 2 gambar dengan posisis mirror image, alias kiri dan kananya beda. Dan gak perlu pusing gimana caranya, chart dan bahan dalam kit sudah tersedia dan cukup untuk membuat 2 gambar bolak-balik tersebut.

Setelah selesai, gunting gambar kuwe itu dengan menyisakan satu lajur kotak striminnya. Satu jalur lebihan ini gunanya untuk tempat jahitan saat menyatukam sisi depan dan belakang dari gantungan kunci ini. Oh ya, jangan lupa menyisakan sedikit di bagian atas untuk tempat menyambung dengan penggantungnya nanti.
IMG_2494[1]

Selesai dengan urusan gambar kue yang gonjreng menawan hati *preeeeet*… tiba saatnya mengerjakan penggantung-nya yang dihiasi dengan 2 buah kliningan ganjen. Pas buka plastik agak bingung juga, kok ada 4 biji plastik yang aku enggak tau apa gunanya, tadinya kupikir itu beads, lha tapi kok cuma glundung2 gitu aja gak ada lobangnya… dan sampai sekarang aku gak tau itu apa dan gunanya untuk apa…. :p
IMG_2495[1]

Merangkai kliningannya gak susah kok, walaupun tidak ada petunjuk langsung-nya, tapi bisa dilihat dari gambar gantungan kunci yang sudah jadi di cover kit-nya. Yang jadi masalah adalah aku gak punya tang runcing untuk membuka dan menutup ring-nya… jadilah satu gunting dikorbankan untuk membuka dan menutup lagi ring-ring itu. Dan inilah 2 kuwe dan gantungannya yang siap disatukan
IMG_2499[1]

Seperti telah disebutkan diatas, di dalam kit sudah disediakan seutas benang nylon, gunakan untuk menyatukan 2 gambar kue depan belakang dengan cara dijahit dengan tangan. Kalau mau aman gunakan tusuk tikam jejak alias backstitch yang hasilnya rapat. Atau bisa juga menggunakan jelujur atau running stitch asalkan cukup rapat dan kuat.
039c

sisakan sedikit celah untuk memasukkan isian alias dacron yang juga sudah disedikan di kit-nya.  Isi sesuai dengan tebal gantungan kunci yang diinginkan, dacron yang disediakan cukup kok…. malah berlebih kalau menurutku sih. Setelah terisi dacron, lanjutkan menjahit untuk menutup celah tempat memasukkan dacron tadi.
041
042
akhirnyaaaa,
 Alhamdulillah, SELESAAAAAAAAAAAAAIIII…… :D
043b

No comments:

Post a Comment